Bitcoin Senilai Rp 156 Miliar Dilelang, Minat?

Puluhan ribu uang digital bitcoin senilai USD 11,5 juta atau sekitar Rp 156 miliar akan dilelang di Sydney, Australia. Siapa berminat?

Penyelenggara lelang yang ditunjuk oleh pemerintah Australia adalah Ernst and Young. Mereka menyebut bitcoin tersebut berasal dari sitaan dari bermacam tindak kejahatan, meski enggan membeberkan informasi asal bitcoinnya secara lebih detail.

Namun ada juga yang menyebutkan kalau puluhan ribu bitcoin itu disita dari seorang pria Australia yang ditangkap atas tuduhan penyelundupan obat-obatan komersial.

Pelelangan ini terbuka untuk semua orang, tak terbatas warga negara Australia. Sementara harga per koinnya saat ini dipatok pada USD 530, yang merupakan nilai tukar bitcoin tertinggi sejak Agustus 2014.

Ini adalah pelelangan bitcoin di luar Amerika Serikat yang pertama di dunia. Sebelumnya pemerintah AS pernah juga melelang lebih dari 170 ribu bitcoin selama 2014 dan 2015, yang merupakan hasil dari penyitaan setelah menutup situs Silk Road.

Bitcoin adalah mata uang yang populer di bermacam market place underground,juga banyak digunakan oleh pelaku kejahatan karena transaksinya yang anonim dan tak perlu melibatkan institusi formal.

“Jumlah transaksi bitcoin sudah meningkat empat kali lipat sejak 2012, seiring dengan semakin banyaknya kesempatan dan penggunaan teknologi (untuk menggunakan bitcoin),” ujar Adam Nikitins dari Ernst and Young.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *