Bitcoin Sudah Merosot 50% dari Level Tertingginya

Bitcoin akhirnya turun 50% dari level tertingginya sepanjang masa. Bitcoin turun di bawah USD10.000 untuk pertama kalinya sejak November, karena aksi jual di kripto terus berlanjut untuk hari kedua.

Cryptocurrency terbesar di dunia merosot serendah USD9.199,59 Rabu pagi, turun hampir 19% dalam waktu 24 jam, menurut data CoinDesk. CoinDesk melacak harga dari pertukaran kriptocurrency Bitstamp, Coinbase, itBit dan Bitfinex. Meski demikian, Bitcoin mampu pulih sedikit ke USD10.123.

Bitcoin turun di bawah angka USD10.000, yang sudah dicapai pada 30 November. Aset digital tersebut melonjak ke rekor tertinggi USD19.783,21 di CoinDesk bulan lalu, namun sejak itu mengalami penurunan secara bertahap. Dengan harga saat ini, sekarang turun hampir 50% dari harga sepanjang masa.

Lebih dari USD30 miliar hilang dari nilai pasar kriptocurrency dalam 24 jam terakhir. Fokus pun telah beralih karena peraturan negatif dengan berita utama dari Korea Selatan, China. Bahkan berita kecil dari Prancis dan Amerika pun menjadi sentimen negatif bagi koin digital ini.

Etalas dan Ripple, aset digital terbesar kedua dan ketiga, terus bergerak ke bawah. Menurut data CoinMarketCap, ethereum diperdagangkan 15% lebih rendah mendekati USD885 koin, sementara Ripple turun hampir 14% menjadi sekitar USD1,02.

Cryptocurrencies melemah, setelah Menteri Keuangan Korea Selatan, Kim Dong-yeon, mengatakan bahwa negara tersebut masih mempertimbangkan penutupan pertukaran kripto. Laporan awal Korea Selatan, salah satu pasar kriptocurrency terbesar di dunia, menekan perdagangan mata uang virtual minggu lalu mengirim harga bitcoin dan sejumlah aset digital utama lainnya turun tajam.

Greenspan mengatakan pada hari Selasa bahwa investor Korea Selatan dan Jepang sering membayar premi 20% atau lebih per koin. China juga dilaporkan ingin memperdalam tindakan kerasnya terhadap pasar kriptocurrency minggu ini.

Awal pekan ini, pihak berwenang di China berencana untuk memblokir akses domestik ke platform cryptocurrency China, yang memungkinkan perdagangan terpusat. Regulator juga akan menargetkan orang-orang dan perusahaan yang menyediakan layanan pembuatan, penyelesaian dan kliring pasar untuk perdagangan terpusat.

Bitcoin dan cryptocurrencies lainnya sangat volatile. Banyak ahli percaya bahwa pengenalan kontrak futures untuk bitcoin, seperti dari CME dan Cboe, akan menjinakkan mata uang digital dan menghasilkan lebih banyak uang institusional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *