Pengguna Software Bajakan Dimanfaatkan untuk Menambang Bitcoin

Serangan program jahat yang bertindak sebagai penambang cryptocurrency atau mata uang digital seperti bitcoin sudah semakin meresahkan. Para ahli dari Kaspersky Lab baru-baru ini berhasil mengidentifikasi sebuah aksi penipuan, di mana perangkat lunak (software) untuk menambang (mining) didistribusikan dan dipasang secara diam-diam ke PC pengguna melalui software bajakan yang biasa digunakan pengguna untuk bekerja dan hiburan.

PC pengguna kemudian dieksploitasi untuk menambang mata uang kripto, dengan semua keuntungan yang didapatkan masuk ke kantong penjahat yang terlibat aksi tersebut.

Para ahli Kaspersky Lab berhasil menemukan sejumlah situs yang menawarkan cara bagi pengguna untuk mengunduh perangkat lunak bajakan gratis untuk program dan aplikasi komputer yang populer. Untuk mendapatkan kepercayaan, para penjahat bahkan menggunakan nama domain yang mirip dengan yang asli.

Setelah mendownload software, pengguna menerima arsip yang juga berisi program mining. Program mining ini akan terinstal secara otomatis, bersamaan dengan software yang diinginkan. Setelah dipasang, para penambang secara diam-diam mengoperasikan komputer korban, menghasilkan mata uang kripto bagi para penjahat.

Selain itu, para ahli juga menemukan bahwa beberapa program penambang memiliki fitur khusus yang memungkinkan penggunanya mengubah nomor dompet, pool ataupun penambang dari jarak jauh. Ini berarti penjahat bisa setiap saat menetapkan tujuan lain bagi mata uang kripto dan dengan demikian mengatur pendapatan mereka dengan cara mendistribusikan hasil penambangan antar dompet, atau bahkan membuat komputer korban bekerja untuk mining pool yang lain.

“Meskipun tidak dianggap berbahaya, software mining mampu mengurangi kinerja dari perangkat, yang pasti memengaruhi pengalaman online para pengguna secara umum. Selain itu, hal ini meningkatkan tagihan listrik korban. Meskipun bukan kerugian terbesar yang dirasakan oleh para korban dari aksi penipuan ini, namun tetap saja hal ini tidak menyenangkan,” ujar Analis Malware di Kaspersky Lab, Alexander Kolesnikov,  Rabu (27/12).

Untuk mencegah PC Anda dimanfaatkan untuk menjadi bagian dari jaringan penambangan, Kaspersky Lab menyarankan untuk hanya mengunduh perangkat lunak legal dari sumber yang telah terbukti. Selain itu, diingatkan untuk instal solusi keamanan seperti Kaspersky Internet Security atau Kaspersky Free untuk melindungi dari semua kemungkinan ancaman, termasuk software mining yang berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *