Ponsel Buat Simpan Bitcoin Ini Diklaim Anti Hacker

Produsen ponsel asal Jerman menghadirkan sebuah smartphone yang didesain khusus untuk memberikan keamanan dalam menyimpan Bitcoin serta cryptocurrency lain.

Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona jadi saksi kemunculan perdana dari SikurPhone, sebuah smartphone yang dibekali dengan fitur dompet mata uang digital yang bernama SikurWallet

Ponsel pabrikan Sikur yang berasal dari Jerman ini merupakan suksesor dari GranitePhone yang dirilis oleh perusahaan tersebut di MWC edisi dua tahun lalu.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan smartphone anyar Sikur ini adalah kemampuannya dalam menyimpan cryptocurrency dengan aman di dalam layanan cloud miliknya.

“Mengamankan penyimpanan informasi pada perangkat kami merupakan poin yang paling penting. Setelah sukses dengan keamanan browser dan berbagi pesan, cryptocurrency bukan hal yang aneh untuk disasar,” ujar Cristiano Iop selaku SEO Sikur.

Mereka pun tidak main-main dalam menguji ponsel yang diklaim terenkripsi secara seutuhnya sehingga aman dari segala serangan hacker ini.

Sikur menantang HackerOne, platform penyedia program bug bounty, untuk melakukan uji coba terhadap kemampuan SikurPhone selama dua bulan. Platform yang berisi kumpulan peneliti keamanan siber ini mengaku gagal menembus sistem keamanan dari perangkat tersebut.

Satu hal yang unik dari SikurPhone adalah sistem operasi yang dijalankannya. Ponsel ini dibekali dengan Android yang telah dimodifikasi oleh mereka sendiri.

Hal tersebut memunculkan sejumlah fitur autentik dari Sikur pada tampilan dashboard sekaligus layanan seperti panggilan masuk dan keluar, berbagi pesan singkat, hingga penyimpanan dokumen.

Selain itu, jika pengguna ingin mendapat akses untuk mengunduh aplikasi dari Google Play Store, maka user harus menghubungi pihak SIkut terlebih dahulu sebagai bagian dari usaha mereka dalam menjaga keamanan ponsel tersebut.

Sebagai alternatif, browser pada SikurPhone dapat langsung mengakses sejumlah platform seperti Facebook, Instagram, dan Twitter secara aman.

Mengingat Sikur menyasar pasar yang cukup kecil, mereka lebih fokus dalam mengincar kalangan pebisnis dan pemerintahan dibanding masyarakat pada umumnya, SikurPhone memiliki desain dasn spesifikasi yang terbilang biasa saja.

Smartphone yang memiliki layar 5,5 inch ini mengusung prosesor MediaTek, RAM 4 GB, memori internal sebesar 64 GB, serta baterai dengan kapasitas 2.800 mAh.

Kemudian, SikurPhone juga dibekali dengan kamera belakang dan depan yang masing-masing memiliki kualitas 13 MP dan 5 MP.

Pihak Sikur berharap cryptocurrency bisa menjadi daya tarik lebih bagi konsumen di lingkup yang lebih luas. Sedangkan di sisi lain, keamanan yang diberikan oleh ponsel ini juga dapat memikat orang-orang yang memiliki niat jahat atau bahkan catatan kriminal.

“Kami ingin melindungi aset orang-orang, tapi kamu tidak bersedia untuk melindungi para kriminal,” ujar COO Sikur, Alexandre Vasconcelos, seperti detikINET kutip dari CNET, Kamis (1/3/2018).

SikurPhone sudah tersedia melalui layanan pre-order dengan harga USD 799. Sedangkan pengiriman ponsel tersebut baru akan dilaksanakan pada Agustus mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *