Sudah Naik 5.800%, Litecoin Jadi Saingan Utama Bitcoin

Litecoin adalah nilai kripto terbesar keempat di dunia yang telah mencapai rekor tertinggi. Litecoin telah hampir 5.800% tahun ini dan mengalahkan kenaikan bitcoin saingannya.

Situs industri Coinmarketcap.com, yang mengukur rata-rata volume dari semua harga yang dilaporkan pada bursa, mencatat harga litecoin mencapai titik tertinggi sepanjang masa di USD255,42 atau sekira Rp3,44 juta jika mengacu kurs Rp13.500 per USD. Pada tanggal 1 Januari, litecoin diperdagangkan pada USD 4,36. Rally to date menandai kenaikannya sebesar 5.758,2%.

Melansir CNBC, situs industri Coinmarketcap.com, yang mengukur rata-rata volume dari semua harga yang dilaporkan pada bursa, mencatat harga litecoin mencapai titik tertinggi sepanjang masa di USD255,42 atau sekira Rp3,44 juta jika mengacu kurs Rp13.500 per USD. Pada tanggal 1 Januari, litecoin diperdagangkan pada USD 4,36. Rally to date menandai kenaikannya sebesar 5.758,2%.

Lantas, apa itu litecoin?

Litecoin adalah kripto yang didirikan oleh Charlie Lee. Ini adalah mata uang digital terbesar keempat berdasarkan kapitalisasi pasar. Kapitalisasi pasarnya mencapai sekira USD14,4 miliar jika dibandingkan dengan USD282,8 miliar untuk bitcoin.

Seperti bitcoin, dia memakai sistem blockchain, yang merupakan buku besar transaksi publik yang tidak dapat dirusak. Saat ini, pasokan litecoin mencapai 84 juta, lebih tinggi dibandingkan bitcoin yang hanya 21 juta. Setidaknya, ada sebanyak 54.268.358 litecoin dan 16.736.137 bitcoin yang beredar di pasar.

Selain itu, transaksi Litecoin memakan waktu lebih dari dua menit untuk dapat diperdaangkan, dibandingkan dengan bitcoin yang rata-ratanya sekitar hampir 300 menit.

Lee, pencipta litecoin pada beberapa kesempatan mengatakan bahwa litecoin bisa menjadi kunci dalam pembayaran karena kecepatan transaksi, sedangkan bitcoin lebih merupakan nilai simpanan atau tabungan.Alasan lain mengapa kenaikan litecoin bisa sukses adalah karena investor yang mencoba melakukan diversifikasi ke kripto lain, dengan sekira 40% litecoin dibeli menggunakan bitcoin, menurut data dari situs industri CryptoCompare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *