Twitter Sempat Tutup Akun “Bitcoin”, Ada Apa?

Awal pekan ini, tanpa alasan jelas Twitter tiba-tiba menangguhkan akun @ Bitcoin yang dijalankan oleh pengguna anonim Sebelum itu, akun yang mengatasnamakan cryptocurrency populer tersebut sempat diambil alih oleh seseorang dari Turki, lalu diambil lagi oleh seseorang dari Rusia sebelum akhirnya dikembalikan ke si empunya pada hari Senin.

Sang pemilik @Bitcoin pun gusar karena menganggap akunnya diserahkan ke orang lain oleh Twitter tanpa permisi. Ketika sudah dikembalikan pun, sebagian besar pengikutnya yang berjumlah lebih dari 821.000 turut hilang.

“Saya mau tahu kenapa akun saya diberikan ke pengguna lain, lalu saat dikembalikan 750.000 follower ikut raib,” ujar @Bitcoin.

Twitter tak mau mengeluarkan pernyataan untuk menanggapi kejadian tersebut. “Kami tak mengomentari akun individual, jadi tak ada yang bisa dibagikan,” ujar seorang juru bicara Twitter, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (11/4/2018). Meski sempat menghapus follower @Bitcoin, Twitter berangsur mengembalikan para pengikut yang hilang.

Dari pantauan KompasTekno pagi ini, jumlah follower akun tersebut sudah kembali naik ke kisaran 827.000, hampir mencapai jumlah awalnya.

Bitcoin Core versus Bitcoin Cash?

Sebab-musabab di balik penangguhan akun @Bitcoin yang dilakukan Twitter tetap misterius karena pihak pengelola layanan micro-blogging itu tak mau memberi penjelasan.

Di komunitas bitcoin, kejadian tersebut menimbulkan spekulasi liar soal bentrokan antara bitcoin cash dengan bitcoin (disebut juga sebagai bitcoin core).

Bitcoin cash didirikan oleh para developer, miner, dan anggota komunitas lain pada Agustus 2017 sebagai alternatif bitcoin core, setelah terjadi perpecahan menyangkut manajemen bitcoin di masa depan. Nah, akun Twitter @Bitcoin dikenal sebagai pendukung bitcoin cash.

Para anggota komunitas bitcoin cash pun menuding lawannya dari komunitas bitcoin core menjadi dalang di balik penangguhan akun @Bitcoin.

In any case, I’d love to hear a public explanation from @twittersupport about why #bitcoin competitor #LightningNetwork investor @jack disabled this account, gave it to someone else, only to return it in the face of public backlash with 750,000 fewer followers. #censorship

— Bitcoin (@Bitcoin) April 9, 2018

Caranya diduga dengan melaporkan akun tersebut ke Twitter dengan alasan menyebar spam atau kelakuan buruk lainnya.

Pada Januari lalu, akun @Bitcoin memang sempat menjadi sasaran aduan sejumlah pengguna lantaran dinilai berkoar-koar soal “propaganda bitcoin cash”, bahkan ujaran kebencian.

Namun sebagian pengguna lain tak setuju dengan definisi tersebut dan mengatakan bawa tiap orang (akun) seharusnya memiliki kebebasan mengatakan apa yang ia mau.

Lebih jauh, tak kurang CEO Twitter Jack Dorsey ikut dikaitkan karena mendukung bitcoin core dan berinvestasi 2,5 juta dollar AS di Lightning Labs, sebuah startup yang mengembangkan teknologi untuk bitcoin core.

“Saya ingin mendengar penjelasan publik dari @twittersupport kenapa kompetitor #bitcoin dan investor #LightningNetwork @jack menangguhkan akun ini,” ujar akun @Bitcoin setelah dikembalikan ke sang empunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *